Minggu, 16 Oktober 2016

Menghubungkan Web dengan database

Share it Please
Selamat siang buat para pembaca blog mitrazein!!wew, tumben ngucapin "selamat siang", biasanya selamat subuh wkwkw. Saya buatnya pas siang2 ini, entah kenapa beberapa hari kemaren otak dan inspirasi gak jalan, jadi gak selesai-selesai. Bahkan sempat kerja kelompok, tapi bukannya ngerjain tugas, malah makan-makan dan besenda gurau jadinya wkwkw. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menghubungkan web ke database, Langsung aje yaa

1. Gunakan database

 







Buat database baru dengan nama pembayaran, buat tabel dengan nama bank dan isi tabel bank tersebut seperti gambar di atas.

2. Buat file Index


File index ini wajib dibuat ya, sebenarnya semuanya juga wajib di buat sih wkwkw. Langsung saja di ikuti seperti gambar di atas. Oiya, disini saya menggunakan notepad++ untuk buat skripnya.

3. Buat file Database


Fungsi dari database.php ini untuk mengarahkan web yang di buat agar bisa konek ke database. Disini nama databasenya adalah "pembayaran". Nama database ya, bukan nama tabel.

4. Buat file Input


Di input.php ini kita gunakan agar bisa menginput dari web kemudian hasil input tersebut masuk ke database yang telah di buat, caranya ikuti gambar di atas kemudian lanjut ke bawah ya, gambarnya agak panjang, jadi tepotong.


5. Buat file Simpan


Nah file simpan.php ini sama seperti namanya ya, pasti kalian sudah bisa nebak fungsinya untuk apa. Fungsinya ya untuk menyimpan file yang telah di tambahkan di database tadi.

6. Buat file Daftar


Ini file terakhir yang di buat. File daftar.php ini untuk menampilkan apa yang telah di input di database tadi. Lanjutannya ada di bawah, karena gambarnya agak panjang jadinya tepotong(lagi) deh.


7. Jadikan Satu Folder


Biar enak di kasih micin ya, eh maksudnya di jadikan satu folder hehehe.

8. Tampilan Halaman Utama


Ini tampilan halaman utama dari web yang kita buat tadi ya, terdapat menu input setoran dan juga daftar setoran, pertama pilih input setoran untuk menginput setoran dari mahasiswa.

9. Halaman Input

Kalau sudah masuk ke halaman input, langsung saja isikan data setorannya kemudian klik "submit".Kalau sudah di input langsung saja ke halaman daftar setoran. Tombol reset disitu fungsinya untuk menghapus setoran yang akan di input, bukan untuk menghapus setoran yang telah di input ya.
10. Halaman Daftar Setoran

Nah, halaman daftar setoran akan langsung menampilkan hasil setoran yang telah di input tadinya. Tutorial ini masih sederhana banget ya, gak pake css cuma pake marquee doank. Karena ada yang mengatakan, "Untuk apa cari yang sempurna, kalau yang sederhana saja sudah bikin nyaman" #rumahmakanpadang.

Tutorial kali ini lebih singkat sepertinya, dan harus di akhiri sampai sini. Terimakasih telah mengikuti tutorial dari mitrazein.blogspot.co.id sampai jumpa di tutorial berikutnya yaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Newsletter

Our Team

Know us

Blogroll

Video of the Day

About

Contact us

Nama

Email *

Pesan *